• G Banner02
  • G Banner03
  • G Banner03

Penerimaan Santri Baru TA 2021/1442 Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum Sukorejo Sukowono Jember

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


PP. MAQNA'UL ULUM

NPSN : 70002521

Jl. Pahlawan No.72 Sukorejo Sukowono Jember 68194 Jatim


ppmaqnaululum@gmail.com

TLP : 082337605286


          

Banner

Statistik


Total Hits : 367864
Pengunjung : 131278
Hari ini : 29
Hits hari ini : 158
Member Online : 2
IP : 54.174.225.82
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

KH. M. Misbah Umar berkenan meresmikan Masjid Al Umariy




Masjid Al Umariy Pondok Pesantren Maqnaul Ulum dibangun oleh KH. Ahmad Nahrawi bersama para santri pada tahun 1962. Luas Masjid seluruhnya 12 x 12 M² dengan rincian; Ruang Utama 10x10 M² dan Teras serta tangga depan dan kiri kanan 2 M². Masjid ini mempunyai bangunan-bangunan induk dan serambi. Bangunan induk memiliki empat tiang utama yang disebut saka guru. 4 tiang utama tersebut konon berasal dari lereng gunung Raung berupa kayu glentongan (Kayu Utuh). Bangunan serambi merupakan bangunan terbuka. Atapnya berbentuk limas sebagaimana masjid-masjid di Jawa pada zaman dahulu. Atap limas masjid terdiri dari dua bagian.


Masjid Al Umariy memgalami 2 kali rehabilitasi, pertama pada tahun 1984 dengan perubahan desain pintu, dan kedua pada tahun 2000 dengan perubahan desain atapnya, namun kontruksinya tetap menggunakan kontruksi lama hingga saat ini sebelum dibongkar.

Pada tahun 2020 tepatnya pada tanggal 19 April bertepatan dengan tanggal 25 Sya'ban 1442 H, masjid dibongkar total untuk diperluas dan dibangun kembali dengan ditambah sentuhan desain modern. Atap tetap desain lama ala Masjid Demak dengan atap berbentuk limas terdiri dari 3 susun. sedangkan bagian bawah ala masjid Madinah Al Munawwarah.

Pada hari selasa pahing, 27 Sya'ban 1441 H/21 April 2020 M, KH. Misbah Umar, Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Sumberwringin Sukowono Jember, berkenan meletakkan batu pertama perluasan masjid Al Umariy Pondok Pesantren Maqnaul Ulum Sukowono Jember. Perluasan masjid ini sesuai dengan ukuran yang telah diukur oleh Alm. KH. M. Umar, Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Ulum dan disaksikan oleh KH. Misrai, Ledokombo jauh sebelum masjid ini dibongkar.
Dengan mengucapkan " Rabbana taqobbal minna innaka antas sami'ul 'alim", KH. Misbah Umar meletakkan batu pertama perluasan Pembangunan Masjid al Umariy yg dibantu oleh KH. Mahrus Muhith, Pengasuh Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum Sukowono Jember.

Beliau juga berdoa semoga Masjid al Umariy ini menjadi penyambung masjid Nabawi Madinah dan Masjidil Haram Makkah.
Setelah perluasan, masjid Al Umariy berukuran 18x18 M² dengan luas ruang Utama 10x10 M².

Alhamdulillah, pada hari ini Sabtu, 06 November 2021 M. bertepatan dengan tanggal 01 R. Akhir 1443 H, KH.M. Misbah Umar berkenan hadir dalam acara Peresmian Masjid al Umariy, hadir juga dalam acara tersebut Kabag Kesra Bapak Plt. Kepala Bagian Kesra, Drs. H. Achmad Mushoddaq, M.Hi, M.Si., Camat Sukowono, Drs. Joni Pelita Kurniawansah M.Si., Kapolsek Sukowono, AKP Subagio SH., Danramil 0824/04 Sukowono Kapten Arm. M. Ismuni, Kepala Puskesmas Sukowono, dr. Andy Maulana, Kepala KUA Sukowono, Abdullah, S.H., M.Hi., Pj. Kades Sukorejo, Bapak Taufik, serta para santri, santriyah, alumni, dan para undangan masyarakat sekitar.

Pada kesempatan ini, Bupati Jember berpesan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Plt. Kabag. Kesra Bpk. Drs. H. Achmad Musaddaq, M.HI, M.SI: "Kehadiran Masjid Al-Umary ini jangan hanya melahirkan kebanggaan secara lahiriyah saja, akan tetapi lebih dari itu, bagaimana masjid ini bisa menjadi motivator bagi umat Islam di lingkungan pondok pesantren dan sekitarnya agar semakin meningkat iman dan taqwanya".


Acara peresmian ini diakhiri dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan pemotongan pita serta penandatanganan prasasti oleh Guru Besar kita Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum, KH. M. Misbah Umar (Putra Alm. KH. M. Umar bin Kiai Ahmad Ikrom guru alm. KH. Ahmad Nahrawi), Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Sumberwringin Sukowono Jember.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :

Pengirim : Rofiq -  [ahmadrofiqalhaddad22@gmail.com]  Tanggal : 07/11/2021

Mugi tambah barokah lan jaya ..amien



   Kembali ke Atas