• unit
  • gbanner arab
  • gbanner13
  • gbanner

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِّنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِن كَانُوا مِن قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُّبِينٍ

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


PP. MAQNA'UL ULUM

NPSN : 20577356

Jl. Pahlawan No.72 Sukorejo Sukowono Jember 68194 Jatim


ppmaqnaululum@gmail.com

TLP : 082337605286


          

Banner

Agenda

17 October 2019
M
S
S
R
K
J
S
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Statistik


Total Hits : 196021
Pengunjung : 56520
Hari ini : 8
Hits hari ini : 54
Member Online : 2
IP : 3.228.24.192
Proxy : -
Browser : Opera Mini

PIMPINAN GENERASI KEDUA ( 2000-Sekarang )

Dalam sidang pertamanya, sepeninggal Pendiri Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum, Majlis Kiyai menetapkan K.H. Abdul Malik Dofir  untuk memimpin Maqna'ul Ulum paska wafatnya Pendiri,dan Pengasuhan Santri di asuh oleh  K.H. Abdul Qodir Auda, dan Untuk menangani Madrasah Mu'allimin wal Mu'allimat Al Islamiyah ( MMI ), Majlis Kiyai menetapkan K.H. Sirojul Bayan sebagai Direktur KMI. Awal kepemimpinan Generasi Kedua diliputi oleh kekhawatiran dan keraguan akan nasib Pondok Maqnaul Ulum sepeninggal Generasi Pertama.

Tetapi berkat tekad yang bulat, niat yang mantap, dan perjuangan yang tak kenal menyerah; dengan semboyan “Labuh bondo, bahu, pikir, lek perlu sak nyawane pisan” serta tawakkal kepada Allah SWT; Generasi Kedua berhasil melalui segala ujian dan rintangan untuk mempertahankan, mengembangkan, dan memajukan Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum. Banyak kemajuan yang telah dicapai oleh Pimpinan Pondok dari Generasi Kedua ini; baik fisik maupun non fisik.

 1. Pembentukan IKSAM

Jumlah alumni Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum mulai banyak, mereka tersebar di masyarakat dan bergerak dalam berbagai bidang kegiatan. Para alumni itu kemudian dihimpun dalam suatu wadah persaudaraan yang disebut Ikatan Keluarga Santri Alumni (IKSAM). Organisasi alumni Gontor ini lahir pada tanggal 12 Maret 2000 setelah 40 hari wafatnya Pendiri/Pengasuh Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum.

2. Pendirian Pondok Darul Hikmah Sumberwaru

Pondok Darul Hikmah yang ada di Desa Sumberwaru Sukowono, adalah Lembaga pendidikan di bawah Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum dengan tujuan untuk menyiapkan pendidikan yang berbasis Formal sesuai dengan amanat Pendiri. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dibukalah pendidikan SMP Terbuka. Pada tahun 2002 menggagas pendirian SMA Negeri Plus berbasis pesantren yang bekerjasama dengan Dinas Pendidkan Kab Jember dan mendirikan TK HN pada tahun 2007.

3. Pembukaan Kejar Paket B dan C

4. Pembukaan SMP Maqna'ul Ulum

5. Pembukaan SMK Maqna'ul Ulum

 

ESTAFET KEPEMIMPINAN PADA GENERASI KEDUA

Pada akhir tahun 2014, suasana duka menyelimuti Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum; K.H. Abdul Malik Dofir, salah seorang Pimpinan Pondok, pulang ke rahmatullah. Untuk menggantikan posisi beliau sebagai Pimpinan Pondok, Majlis Kiyai menunjuk KH. Abdul Qodir dan KH. Sirojul Bayan dan KH. Mahrus Muhith sebagai Direktur MMI.

Suasana duka kembali menyelimuti Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum pada pertengahan tahun 2015; K.H. Sirojul Bayan, salah seorang Pimpinan Pondok, pulang ke rahmatullah, dan diteruskan kepengasuhan oleh KH. Abdul Qodir. Tidak lama sekitar 3 bulan setelah wafatnya K.H. Sirojul Bayan , KH. Abdul Qodir menyusul dipanggil oleh Allah SWT untuk menghadapNya.

Setelah meninggalnya ketiga Pimpinan Generasi kedua, maka kepemimpinan di lanjutkan oleh KH. Mahrus Muhith merangkap sebagai Pengasuh dan Direktur MMI. Untuk memudahkan dalam penanganan Madrasah, maka Pimpinan Pondok Menunjuk Wakil Direktur MMI Putra Ust Ali Wafa, S.Pd.I dan MMI Putri Ustdz Lailatul Badriyah, S. Ag, Ust M Kutsi, S.Pd Sebagai kepala Sekolah SMP Maqna’ul Ulum dan Ust Ahmad Baktiar Yogiarto, M. Hum sebagai Kepala Sekolah SMK Maqna’ul Ulum.

 

PENYEGARAN KEPENGURUSAN PONDOK PESANTREN

Setelah kembalinya salah satu kader pondok yaitu Al Ust Hifni Zainul Muttaqin Siroj, S.Pd.I, Putra Sulung dari al marhum KH. Sirojul Bayan dan telah menyelesaikan pendidikannya di Pondok Modern Gontor di tingkat KMI dan UNIDA , maka kepengurusan dipondok mengalami perubahan. Untuk menagani pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Pimpinan Pondok memberi amanah kepada Al Ust Hifni Zainul Muttaqin Siroj, S.Pd.I sebagai Direkturnya, sedangkan Direktur Pendidikan Formal diserahkan kepada Al Ust Ahmad Baktiar Yogiarto, SH, M.Hum.